Umat Islam wajib mempelajari ilmu agama, mulai dari anak usia dini, remaja, dewasa, sampai usia lanjut.  Karena kita sebagai umat islam harus mengerti apa saja yang Allah SWT perintahkan dan apa saja yang dilarang. Sebagaimana Nabi Muhammad SAW bersabda: “Barang siapa berjalan di satu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalanNya ke Syurga”.(HR. Muslim)

Munaqosyah bisa dikatakan sebagai titik terakhir seorang siswa-siswi disebuah Lembaga Pendidikan dimana siswa-siswi diuji dengan materi yang sudah mereka pelajari selama 3 tahun di sekolah, serta penentuan kelulusan mereka.

Sehubungan dengan hal tersebut, mata pelajaran terpadu di SMA Islam Al-Ma’ruf yang meliputi Alquran tahsin, tajwid, tahfizh, muhawaroh, hadits dan ibadah syariah akan diujikan pada munaqosyah ini. Guna menguji kemampuan siswa serta membentuk pribadi siswa yang taat dan berpengetahuan dengan ilmu agama Islam yang baik dan benar. Agar mampu mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Alhamdulillah rangkaian Pekan Munaqosyah yang dilaksanakan dari tanggal 29 Januari – 3 Februari yang bertemakan “Menggali Ilmu dengan Petunjuk Al-Qur’an, Sukses di Masa Depan” berjalan tertib dan lancar. Adapun puncak Munaqosyah dilaksanakan di Masjid Yaasin yang dihadiri orang tua murid menambah khidmat acaranya.

Semoga kegiatan ini tidak hanya untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mempelajari ilmu agama. Namun memakmurkan syiar Islam serta turut menjaga dan mengembangkan potensi generasi muda yang berpegang teguh pada nilai-nilai agama agar menjadi generasi muda yang mencintai Allah dan Rasul-Nya. Aamiin ya rabbal alamin.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *