Dalam kurikulum merdeka dirancang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), salah satu temanya adalah Suara Demokrasi “Suaraku, Ekspresiku”. Alhamdulillah di tema yang kedua ini bertepatan dengan tanggal 6 Februari 2024 SMA Islam Al-Ma’ruf mengajak peserta didik untuk melaksanakan demokrasi yaitu Pemilihan Kepala Desa Cialma masa bakti 2023-2029.

Di dalam pelaksanaannya kami membagi siswa-siswa menjadi 9 kelompok yang terdiri dari :

  1. Paslon 1
  2. Paslon 2
  3. Paslon 3
  4. Kotak Suara, Bilik, dan Surat Suara
  5. Pendataan Pemilih
  6. Real Count
  7. Panwaslu
  8. KPPS
  9. Pembuatan Tinta

Adapun tahap-tahap yang dilalui pada kegiatan P5 tema Suara Demokrasi yaitu peserta didik dikenalkan tentang pengertian demokrasi, tujuan demokrasi serta penerapan demokrasi di masyarakat hingga kami mengundang  KPU Jakarta Timur agar para peserta didik dapat menggali rasa ingin tahu yang lebih melalu narasumber secara langsung. Tidak lupa didampingi guru pembimbing untuk merencanakan pelaksanaan pemilihan Kepala Desa mulai dari penjaringan dan menetapkan bakal calon yang sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia, serta penyampaian visi misi calon Ketua dan Wakil Kepala Desa.

Pada tahap aksi ini dikemas menjadi suatu drama yang memiliki alur yang runtut. Dimana para siswa melakukan secara nyata pemilihan ketua dan wakil Kepala Desa hingga perhitugan suara. Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Desa telah dilaksanakan secara demokratis pada serta pemungutan dan perhitungan suara telah diikuti oleh seluruh siswa SMA Islam Al-Ma’ruf.

Semoga dengan kegiatan ini dapat untuk mengajarkan siswa-siswi agar mampu merefleksikan makna dan memahami implementasi demokrasi dalam lingkup organisasi sekolah maupun kondisi sebenarnya di lingkungan masyarakat atau dunia kerja.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *