Isra Mi’raj adalah peristiwa penting dalam agama Islam yang merujuk pada perjalanan malam Nabi Muhammad SAW dari Mekah ke Yerusalem dan perjalanan spiritualnya ke langit ke-7. Peristiwa ini diperingati oleh umat Islam sebagai salah satu momen penting dalam sejarah agama islam di dunia.

Isra Mi’raj memiliki makna yang mendalam dalam konteks pendidikan Islam dan juga dapat memberikan pelajaran berharga dalam dunia pendidikan pada umumnya. Makna daripada peristiwa Isra’ Mi’raj yang dapat diaplikasikan dalam dunia pendidikan antara lain adalah keteguhan hati, ketaatan, kepemimpinan serta inspirasi, dan peningkatan kualitas diri. Alhamdulillah pada tanggal 7 Februari 2024 telah terlaksananya kegiatan Isra Mi’raj bertemakan “Mewujudkan Remaja Taat Shalat Melalui Hikmah Isra Mi’raj” di GOR Moh.Thaha. Kegiatan ini penuh khidmat dengan adanya tahlil dan pembacaan maulid, musikalisasi puisi kelas X, drama dan nasyid kelas XI, sholawat kelas XII, dan tausyiah agama.

Dengan memahami dan menerapkan pelajaran dari Isra’ Mi’raj, pendidikan dapat menjadi lebih dari sekadar proses transfer pengetahuan, tetapi juga menjadi sarana untuk pengembangan pribadi yang holistik dan penguatan nilai-nilai spiritual dalam kehidupan mahasiswa generasi penerus bangsa.

Semoga dengan datangnya peringatan hari Isra Miraj ini kita bisa selalu meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW serta mengokohkan kembali iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *