SMP Islam Al-Ma’ruf merupakan lembaga pendidikan yang sangat memperhatikan pendidikan Agama Islam bagi para siswanya. Melalui Program Pendidikan Islam Terpadu yang dijalankan, SMP Islam Al-Ma’ruf mempunyai misi mendidik generasi muslim yang Qur’ani, taat beribadah serta berakhlaqul karimah.

Pendidikan dan pembelajaran yang diberikan dalam program ini diantaranya, Tahsin Al-Qur’an, Tahfidz Juz 30, Kitabah (Menulis Arab) serta ibadah Syariah yang tercakup dalam materi pendidikan agama Islam. Selain itu demi mendidik kebiasaan yang Islami nan santun, kami juga membiasakan siswa membaca Asma’ul Husna bersama, Sholawat Nariyah dan Doa Pelajar Al-Ma’ruf setiap sebelum belajar di pagi hari. Dari sisi praktek ibadah agar tata cara melaksanakanya baik dan benar, program sholat dhuha dan sholat zuhur berjamaah menjadi andalan kami dalam memantau hal tersebut. Sehingga praktek ibadah siswa selalu terkontrol dan menjadi kebiasaan baik yang dirutinkan.

Disamping kegiatan rutin, ada kegiatan mingguan seperti Yaasin Tahlil, kegiatan insidentil seperti peringatan tahun baru Islam dan Maulid Nabi Muhammad Saw, serta kegiatan sosial sperti santunan Yatim yang kami rencanakan di dalam program ini. Semua itu demi menumbuhkan semangat ketaqwaan dan ketaatan siswa kepada Allah Swt dalam setiap kegiatannya.

Program ini bukan hanya terpisah secara pelaksanaan tapi juga terpisah secara administrasi penilaian. Program pendidikan Islam terpadu mempunyai raport dan laporan pembelajaran teresendiri yang terpisah namun tetap menjadi satu kesatuan dalam kurikulum SMP Islam Al-Ma’ruf.

Secara garis besar visi dari pada pendidikan Islam Terpadu di SMP Islam Al-Ma’ruf adalah mendidik siswa-siswi SMP Islam Al-Ma’ruf agar dapat mengamalkan ibadah syariah dan membaca Al-Qu’ran dengan baik dan benar serta hafal Juz 30. Untuk itu mata pelajaran yang kami ajarkan adalah sebagai berikut:

A. Al-Qur’an Tahsin
Al-Qur’an Tahsin dibagi menjadi beberapa mata pelajaran diantaranya.

  1. Pembinaan IQRO
    Bagi siswa yang masuk SMP Islam Al-Ma’ruf namun belum bisa membaca Al-Qur’an, kami mengelompokkannya dalam pembinaan IQRO sebagai metode yang kami gunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an. Namun sebelum pembinaan dilaksanakan terlebih dahulu kami adakan placement test untuk mengetahui kualifikasi siswa dalam membaca yang setelah itu kami kelompokkan berdasarkan kualifikasinya agar lebih memudahkan pembinaan.
    Dalam pembinaan IQRO kami menargetkan siswa lulus IQRO dan bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar dalam waktu 6 bulan pembinaan.
  2. Tajwid
    Setelah siswa lulus IQRO dan mulai bisa membaca Al-Qur’an, kami membreikan pelajaran tajwid agar siswa mengetahui aturan atau tata cara membaca Al-Qu’an yang baik dan benar berdasarkan kaidahnya.
  3. Kitabah
    Kitabah adalah pelajaran tentang tatacara menulis huruf Arab dengan baik dan benar. Pelajaran ini kami berikan agar siswa selain bisa membaca mereka juga dapat menulis Arab.

B. Al-Qur’an Tahfidz
Memiliki anak penghafal Al-Qur’an merupakan impian setiap orang tua dalam mendidik pembelajaran Agama pada anaknya. Di SMP Islam Al-Ma’ruf kami menargetkan seluruh siswa yang lulus SMP Islam Al-Ma’ruf sudah hafal Juz 30. Untuk itu kami menetapkan target hafalan sebagai berikut.

  1. Kelas VII – An-Naas s/d Al-Zalzalah
  2. Kelas VIII – Al-Bayyinah s/d Al-Insyiqoq
  3. Kelas IX – Al-Muthoffifin s/d An-Naba
    Bagi siswa yang telah menyelesaikan setorannya mulai dari An-Naas s/d An-Naba’, kami uji kembali dalam ujian tahfidz dimana siswa akan menyetorkan keseluruhan Juz 30 mulai dari An-Naba s/d An-Naas dalam satu kali duduk (satu kali setoran) yang selanjutnya diberikan kepadanya sertifikat hafal Juz 30.
    Program Takhasssus Tahfidz.
    Diantara siswa terkadang ada yang memiliki semangat menghafal yang tinggi, untuk mengakomodir hal tersebut, kami mengadakan program takhassus untuk menghafal juz 29, Juz 28 dan seterusnya bagi siswa yang mampu dan berminat mengikutinya.

C. Ibadah Syariah.
Secara umum pembelajran ibadah syariah sudah terangkum pada materi Pendidikan Agama Islam (PAI), namun ada beberapa materi yang kami anggap perlu perhatian lebih diantaranya

  1. Praktek Ibadah ; 1) Thaharah (wudlu/tayammum/mandi), 2) Praktek Sholat, 3) Manasik Haji.
  2. Hafalan bacaan sholat
  3. Hafalan doa harian

D. Bahasa Arab
Pelajaran Bahasa Arab kami berikan di kelas IX dengan materi dasar guna mengenalkan siswa kepada Bahasa Arab.
Porsi pembelajaran yang kami berikan tidak terlalu berat, fokusnya ada pada percakapan sehari hari dan kosa kata bahasa Arab.

E. Munaqosyah
Pada akhir pembelajaran yaitu di kelas IX kami mengadakan ujian akhir untuk meniliai pencapaian kompetensi Pendidikan Islam Terpadu di SMP Islam Al-Ma’ruf yang dinamakan Munaqosyah. Munaqosyah terbagi menjadi 3 bagian ujian

  1. Munaqosyah Tulis
  • Tajwid
  • Kitabah

2. Munaqosyah Lisan

  • Tahfidz Juz 30
  • Hafalan Bacaan Sholat
  • Hafalan Doa Harian
  • Bahasa Arab

3. Munaqosyah Praktik

  • Al-Qur’an Tahsin ; Baca Al-Qur’an dan Ilmu Tajwid
  • Praktek Ibadah Syariah ; Thahrah, Sholat dsb.