SMP Islam Al-Ma’ruf mengadakan educational trip untuk kelas VII ke Taman Mini Indonesia Indah pada hari, Selasa 13 Februari 2024 dalam rangka implementasi Proyek Penguatan Profil Pancasila ( P5) dengan tema Berkebinekaan Global. Adapun tujuan dari kegiatan Educational Trip ini agar siswa dapat melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan, dengan cara mengamati untuk mencari informasi secara langsung terkait Kebinekaan, dan menganalisis serta melaporkannya.

‘Diversity of Indonesia’ merupakan tema kegiatan kunjungan edukasi yang mengimplementasikan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan mengambil 4 dimensi, elemen dan sublemen, yaitu Bhineka, Gotong Royong, Mandiri, dan Kreatif.

Pada dimensi Bhineka, siswa diharapkan mampu mengenal dan menghargai budaya. Hal ini juga bertujuan untuk menumbuhkan rasa menghormati terhadap keanekaragaman budaya.

Dalam dimensi Gotong Royong, siswa diharapkan dapat berkolaborasi, agar dapat bekerjasama dengan kelompoknya untuk mencapai tujuan bersama.

Pada dimensi Mandiri, siswa diharapkan mampu meregulasi diri dengan tujuan disiplin diri, agar berkomitmen menjaga konsistennya dalam mencapai tujuan.

Sedangkan dimensi Kreatif, siswa diharapkan dapat menghasilkan gagasan yang orisinal, yaitu mampu menghubungkna gagasan yang dimiliki dengan informasi atau gagasan baru untuk menghasilkan sebuah karya.

Kagiatan ini diikuti oleh 72 peserta dan 8 guru pendamping yang terbagi menjadi delapan kelompok. Educational Trip diawali dengan kegiatan pembekalan oleh kepala sekolah Ibu Eni Sunarti, S.Pd dan juga pengarahan teknis oleh ketua panitia kegiatan Bapak Jati Hadi Prakoso S.Sos.Kemudian Rombongan berangkat dari sekolah pukul 07.00 dengan menggunakan bus sekolah.

Anjungan yang dikunjungi antara lain DKI Jakarta, Jawa Barat, Maluku, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, Kalimantan Tengah. Peserta didik memiliki waktu sebanyak 2 jam untuk mengeksplor anjungan yang dikunjungi dengan didampingi Tour Guide dari Taman Mini Indonesia Indah.

Selama berada di anjungan, peserta didik diperbolehkan untuk melakukan sesi wawancara, pengambilan gambar, dan dokumentasi kegiatan yang berlangsung selama di anjungan. Peserta didik pun senang dan antusias dapat berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, selain dapat mengenal kebudayaan dan sejarah dapat menambah pembentukan karakter terutama dalam hal bekerja sama, mandiri, dan gotong royong. See you next trip!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *