PEMIRA atau pemilihan suara adalah sarana bagi rakyat untuk memilih pemimpinnya sesuai dengan asas yang berlaku. Tujuan diadakannya pemilihan ini untuk memperkenalkan anak tentang proses pemilihan suara pada jenjang sekolah menengah pertama.

SMP Islam Al-Ma’ruf mengadakan pesta pemilihan suara pada hari Rabu, 1 November 2023 di Lapangan SMP Islam Al-Ma’ruf. PEMIRA dimulai pukul 08.00 WIB s.d. 09.00 WIB. Acara ini berlangsung dengan penuh kegembiraan serta semangat dari masing-masing pendukung pasangan calon.

Pasangan calon yang terpilih yaitu Arumi Bilqis Ramadhani Abidin sebagai calon ketua OSIS dan Humaira Shafa Khairunnisa sebagai calon wakil ketua OSIS dari Paslon 01, Muhammad Fadhlan Mumtaz sebagai calon ketua OSIS dan Fauzan Kevin Gunawan sebagai calon wakil ketua OSIS Paslon 02.

Acara dimeriahkan oleh Bapak Jati Hadi Prakoso, S.Sos. sebagai MC dan diawali dengan pembukaan perkenalan diri serta visi misi masing-masing paslon.

“Pilihlah sesuai dengan objektif, jangan hanya karena teman. Lewat debat nanti, kita akan tahu siapa yang layak untuk dipilih, melalui visi misinya dan jawabannya” ujar Pak Jati Hadi Prakoso, S.Sos. pada acara pembukaan.

Setiap paslon dengan yakin memperkenalkan diri dan mempromosikan visi misinya. Kemudian, dilanjutkan dengan pertanyaan dari peserta didik lainnya dan beberapa pertanyaan dari MC. Pertanyaan yang ditanyakan seputar integritas diri ketika jadi OSIS.

Setelah dihujani beberapa pertanyaan, acara debat diakhiri dengan closing statement dari masing-masing paslon dan dilanjutkan ke pemungutan suara. Masing-masing peserta didik memiliki hak pilih yang sama dan diberikan kertas yang berisi gambar paslon ketua dan wakil ketua OSIS SMP Islam Al-Ma’ruf. Kemudian, diarahkan ke bilik suara untuk mencoblos sesuai dengan pilihan hatinya dan memasukannya ke dalam kotak suara. Peserta didik yang sudah memilih mengecap tangan dengan tinta biru sebagai simbol sudah turut berpartisipasi dalam pemira.

Alhamdulillaah dari 200 peserta didik yang turut berpartisipasi, terpilih paslon 2 sebagai ketua dan wakil ketua OSIS periode 2023/2024 yaitu ananda M. Fadhlan Mumtaz sebagai ketua OSIS dan Fauzan Kevin Gunawan sebagai wakil ketua OSIS. Semoga senantiasa amanah dan dapat menjadi tauladan bagi teman-teman. Selamat bertugas!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *