Market day adalah wadah bagi siswa, orang tua, dan guru bekerja sama agar menciptakan tempat yang dapat memantik jiwa entreprenur, kepercayaan diri, dan berbiacara dalam bahasa Inggris seluruh warga sekolah khususnya peserta didik.

Tujuan diadakannya acara ini untuk meningkatkan keterampilan berbicara aktif menggunakan bahasa Inggris, menanamkan karakter rasa solidaritas, kerja sama, keberanian berdagang, serta memberikan pengalaman kegiatan jual beli secara langsung yang tidak terlupakan bagi peserta didik.

Tentunya, banyak hal positif yang didapatkan dari kegiatan Market Day ini. Di antaranya, siswa menjadi lebih aktif, inisiatif, serta tidak malu untuk berjualan. Tidak lupa peran serta orang tua yang turut membantu untuk menyukseskan acara ini.

SMP Islam Al-Ma’ruf mengadakan Market Day dengan tema Improve Your Confidence to Speak English Through Market Day selama 2 hari, pada 14-15 November 2023 pukul 07.30 – 10.30 WIB di GOR Thaha Ma’ruf.

Acara dibuka dengan meriah dan ceria oleh Arziki Razel Alfatih dan Yasmin Qinara sebagai Master Of Ceremony pada selasa (14/11). Ditambah dengan penampilan peserta didik yang memukau yaitu penampilan tari daerah dan nyanyian. Tarian daerah dibawakan oleh Aisha Ghaniya kelas VII Al Farabi, nyanyian dibawakan oleh Alexandria Ghitta Saufinah kelas IX Ath-Thabari dan Kalea Farzana kelas VII Al Farabi.

Kemudian, dilanjutkan dengan pembukaan “Apa ada yang tahu tentang tujuan Market Day hari ini? Tujuan Market Day hari ini adalah untuk melatih kepercayaan diri dan speaking atau berbicara dalam bahasa Inggris.” ujar Ibu Eni Sunarti, S.Pd., Kepala SMP Islam Al-Ma’ruf sekaligus dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai simbolis bahwa Market Day telah resmi dimulai.

Menu makanan dan minuman yang tersedia pada Market Day kali ini yaitu seputar Healthy Food. Setiap stand wajib memiliki 1-2 menu makanan atau minuman sehat.

Peserta didik terbagi menjadi 22 kelompok dari kelas VII s/d kelas IX dengan pembagian kelompok sebagai berikut:

  1. Al Jabbar 1 : Incess Moy Emoy
  2. Al Jabbar 2 : Teletubbies
  3. Al Jabbar 3 : Pineaple Under The Sea
  4. Al Jabbar 4 : Dubai
  5. Al Farabi 1 : Greeny
  6. Al Farabi 2 : Colorful
  7. Al Farabi 3 : Happy Berry’s
  8. Al Farabi 4 : Ghiblie
  9. Ar Razi 1 : Disney Jetty
  10. Ar Razi 2 : Mario Bross
  11. Ar Razi 3 : Fresh Island
  12. Ibnu Sina 1 : Pearlescent
  13. Ibnu Sina 2 : Tasty Trail
  14. Ibnu Sina 3 : Snow White
  15. At-Thabari 1 : Sirkus
  16. At- Thabari 2 : Farmer
  17. At-Thabari 3 : Starlah
  18. At-Thabari 4 : LULUJA
  19. Ibnu Abbas 1 : Happy Zoo
  20. Ibnu Abbas 2 : Fruties
  21. Ibnu Abbas 3 : WarFull
  22. Ibnu Abbas 4 : WARDLYPIN

Tentu saja banyak hal yang unik, selain makanan dan minuman sehat yang enak rasanya, kostum yang dikenakan peserta didik juga sangat menarik. Banyak pengunjung yang tertarik untuk berfoto bersama.

Sebagai juara I kelompok terbaik adalah kelompok Happy Berry’s kelas VII Al Farabi, juara II jatuh pada kelompok Pineaple Under the Sea dari kelas VII Al Jabbar, dan Juara III jatuh pada kelompok Sirkus kelas IX At-Thabari.

Di akhir acara, tak lupa ditutup dengan pembacaan doa yang dibimbing oleh Bapak Adi Riana, S.H. dengan harapan acara ini membawa keberkahan bagi kita semua, aamiin. Happy Market Day! See you!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *