Kolaborasi Mata Pelajaran adalah proyek yang dijalankan agar dapat mempermudah peserta didik di dalam proses penyelesaian produk dan tidak banyak menyita waktu. Hal ini disebabkan bahwa satu proyek atau produk dihasilkan dari gabungan beberapa mata pelajaran. Dengan beberapa mata pelajaran tersebut, diharapkan juga peserta didik semakin kreatif dalam menghasilkan produk.

Pada kolaborasi mapel kali ini, SMP Islam Al-Ma’ruf mengusung tema Explore Jakarta, Harmony In Diversity. Peserta didik yang mendapat tugas adalah kelas IX. Di akhir, mereka harus menghasilkan produk berupa video kreatif, cerita inspiratif, dan poster dari perjalanan selama mengeksplor Jakarta. Kegiatan eksplor Jakarta sendiri dilaksanakan pada Kamis, 2 November 2023 dengan moda transportasinya adalah angkutan umum, transjakarta, dan LRT.

Tiba saat hari Kamis (2/11), peserta didik berkumpul di Masjid Yaasin untuk melaksanakan salat dhuha dan mengikuti pembiasaan pagi di SMP Islam Al-Ma’ruf. Setelah berdoa bersama dan menerima nasehat dan wejangan, lalu bersiap untuk berangkat dengan menaiki angkutan umum T15 sebagai transportasi pertama. Kemudian, setelah sampai di stasiun LRT Harjamukti, masing-masing kami antre untuk dapat masuk ke stasiun dan turun di Stasiun LRT Monas. Sesampainya di stasiun LRT Monas, kami berpindah ke TransJakarta dan berhenti di halte Perpustakaan Nasional.

Peserta didik yang sudah memiliki kartu perpusnas dipersilakan untuk masuk dan mengeksplor perpustakaan nasional sesuai dengan kebutuhan produk yang akan dihasilkan. Ada yang melakukan wawancara ke petugas perpusnas, ada yang membuat video, ada yang berfoto untuk mengabadikan momen selama di perpusnas.

“Kami senang sekali, dengan adanya kegiatan eksplor Jakarta ini jadi bisa belajar sekaligus jalan-jalan,” ujar M. Akhtar Ramadan, peserta didik kelas IX, SMP Islam Al-Ma’ruf.

Setelah puas mengunjungi Perpustakaan Nasional, kami lanjut ke destinasi kedua yaitu Bank Indonesia. Kunjungan ke Bank Indonesia ini bertujuan agar peserta didik mengetahui, memgenal, dan perduli dengan salah satu objek sejarah di Indonesia. Tidak terasa waktu menunjukkan pukul 14.00 dan perjalanan hari ini selesai.

Mudah-mudahan dengan kegiatan eksplor Jakarta dapat meningkatkan semangat dan kreativitas peserta didik dalam belajar. Semangat!


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *