ANBK atau Asesmen Nasional Berbasis Komputer adalah program penilaian mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menenangah. Sebagai program penigkatan mutu kualitas pendidikan, ANBK memiliki tujuan pelaksanaan. Tujuan asesmen nasional ini adalah pengembangan kompetensi dan karakter murid. Dengan assesmen ini, diharapkan muncul gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk memunculkan tujuan pembelajaran. Demi menunjang tercapainya tujuan, ANBK memiliki tiga instrument acuan. Tiga instrumen tersebut adalah Assesmen Kompetensi Minimum (AKM), survey karakter, dan survey lingkungan belajar.

SMP Islam Al-Ma’ruf turut melaksanakan kegiatan ANBK pada 18 – 19 September 2023 di ruang laboratorium komputer Al-Ma’ruf. Pelaksanaan assesmen terbagi menjadi tiga sesi, sesi I pukul 07.30 WIB s.d. 09.40 WIB, sesi II 10.40 WIB s.d. 12.50 WIB, dan sesi III 14.20 WIB s.d. 16.30 WIB. Jumlah peserta yang mengikuti yaitu 45 siswa utama dan 5 peserta cadangan. Jumlah ruangan yang tersedia adalah 1 ruangan dengan kapasitas 15 orang, 1 orang proktor, dan 1 orang pengawas.

Hari pertama pelaksanaan ANBK, 18 September 2023, materi yang diujikan adalah literasi membaca dan survey karakter. Hari kedua, 19 September 2023, materi yang diujikan adalah literasi matematika atau numerasi dan survey lingkungan belajar.

“Harapannya semoga nilai kami bagus, bisa membanggakan orang tua dan sekolah,” ujar M. Fadhlan Mumtaz, siswa kelas VIII Ibnu Sina SMP Islam Al-Ma’ruf.

Pelaksanaan ANBK berjalan dengan lancar, nyaman, dan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah, pelaksanaan ANBK berjalan dengan lancar, aman, dan tertib. Anak-anak juga semangat mengikuti kegiatan ANBK, semoga hasilnya memuaskan, aamiin.” Ungkap Asma Shofiyyah, S.Pd, guru BK sekaligus panitia ANBK di SMP Islam Al-Ma’ruf.

Harapannya, semoga hasil ANBK 2023 memuaskan dan bisa menjadikan SMP Islam Al-Ma’ruf sebagai sekolah yang unggul baik dari segi nilai akademik (literasi dan numerasi) maupun survey karakter dan lingkungan belajar. Semangat!

Categories: News SMP

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *