Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) adalah organisasi siswa resmi yang terdapat di sekolah. Organisasi ini memiliki peran sebagai penggerak siswa untuk aktif berkontribusi di sekolah. OSIS merupakan wadah pembinaan kesiswaan di sekolah untuk pengembangan minat, bakat serta potensi siswa.

Seperti halnya organisasi lainnya, OSIS juga memiliki struktur kepengurusan di mana pemilihannya dilakukan secara demokratis oleh siswa dalam lingkup sekolah. OSIS dibimbing oleh seorang guru yang telah dipilih sekolah dan memiliki keterampilan dalam bidang tertentu.

Dengan berakhirnya masa jabatan pengurus OSIS periode tahun 2022 – 2023, maka akan berganti pula struktur keorganisasian pengurus OSIS pada periode tahun ini. Untuk mewujudkan semua itu, panitia pengurus OSIS bermaksud untuk memilih calon Ketua OSIS periode tahun pelajaran 2023 – 2024 dimana pemilih adalah seluruh siswa kelas X, XI, dan XII.

Alhamdulillah, SMA Islam Al-Ma’ruf telah melaksanakan rangkaian Pemilihan OSIS dan Serah Terima Jabatan pada tanggal 24 Oktober – 27 November 2023 bertemakan “Pemimpin yang Bersinergi sebagai Penebar Kebermanfaatan”. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk peranan penting agar siswa siswi dapat memahami kegiatan pemilu secara demokratis. Sehingga pada akhirnya para siswa siswi dapat menanamkan jiwa demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Adapun tahap pertama yang harus dilakukan oleh calon peserta OSIS yaitu melakukan pengisian form pendaftaran melalui google form, wawancara OSIS oleh panitia, pengumuman calon ketua dan wakil OSIS. Setelah terpilihnya calon ketua dan wakil OSIS maka dilaksanakannya masa kampanye, debat kandidat dan orasi, melalui proses masa tenang, hingga pemilu raya yang dilaksanakan pada tanggal 13 November 2023 di GOR Moh. Thaha Al-Ma’ruf. 

Adapun pasangan calon yang maju yaitu :

PASLON Nomor 1

Ketua OSIS             : Raden Nakeisya (XI IPA 1)

Wakil Ketua OSIS    : Daffa Arief Ibrahim (X-3)

PASLON Nomor 2

Ketua OSIS             : Zahria Anwar Gresdo (XI IPA 2)

Wakil Ketua OSIS    : Nadien Zafira Putri (X-1)

PASLON Nomor 3

Ketua OSIS             : Fathan Ammar Danish (XI IPS 2)

Wakil Ketua OSIS    : Alfiona Alikha (X-2)

Kegiatan pemilu raya berjalan dengan penuh antusias dan tertib. Proses pemungutan suara yang dilaksanakan di SMA Islam Al-Ma’ruf berbasis kotak suara dimana setiap siswa dan guru diberikan kesempatan untuk melaksanakan pemilihan calon ketua OSIS di bilik yang sudah tersedia. Diharapkan semua siswa dan guru menggunakan hak pilihnya dengan baik, sehingga tidak ada kecurangan. Maka didapatkan pemenangnya yaitu Ketua dan Wakil OSIS Masa Bakti tahun 2023 – 2024 yaitu PASLON 2 – Ketua OSIS Zahria Anwar Gresdo (XI IPA 2) dan Wakil Ketua OSIS Nadien Zafira Putri (X-1)

Setelah terpilihnya ketua dan wakil beserta pengurus OSIS lainnya dilanjut dengan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS (LDKO) yang diselenggarakan selama satu hari pada hari Sabtu, 25 November 2023 di Bumi Perkemahan Cibubur (BUPERTA) dengan memberikan materi-materi dasar kepemimpinan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah yaitu Ibu Yofa Dinariska, S.Pd dan kegiatan lainnya yaitu mencari clue dari games yang sudah disediakan  dengan masing-masing posnya. LDKO dapat dikategorikan sebagai bagian dari pelatihan dan pengembangan SDM, yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan SDM organisasi yang di sekolah agar memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja secara efektif.

Rangkaian kegiatan ditutup dengan Serah Terima Jabatan (SERTIJAB) dari pengurus OSIS Masa Bakti 2022 – 2023 kepada pengurus baru OSIS Masa Bakti 2023 – 2024 di Lapangan Depan Al-Ma’ruf.  Acara ini dilaksanakan dengan menandatangani bukti Serah Terima Jabatan oleh ketua lama, ketua baru, guru kesiswaan, dan Kepala Sekolah SMA Islam Al-Ma’ruf. Harapannya semoga kepengurusan di tahun ini lebih baik dari tahun yang lalu, dan dapat membantu visi misi sekolah yaitu unggul dalam prestasi luhur dalam budi pekerti.

Alhamdulillah semua rangkain kegiatan pemilihan ketua dan OSIS dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, sportif dan bertanggung jawab serta tidak menimbulkan konflik setelah pelaksanaan pemilihan ketua OSIS. Semoga OSIS kedepannya bisa menjadi tempat atau wadah dalam menampung berbagai aspirasi dan inovasi yang dilakukan oleh warga sekolah. Meningkatkan jiwa pemimpin, melatih sikap tanggung jawab, melatih komunikasi, menambah pengalaman dan meningkatkan rasa percaya diri adalah manfaat yang dapat diperoleh siswa saat aktif dalam organisasi OSIS.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *