Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun Pelajaran 2023-2024 merupakan kegiatan rutin tahunan untuk menilai kinerja dari kepala sekolah, karena kepala sekolah yang profesional dapat merumuskan sebuah mutu lulusan dari sekolah yang dipimpinnya. Penilaian ini juga berlaku untuk kepala sekolah SMA Islam Al-Ma’ruf yaitu Ibu Yofa Dinariska, S.Pd.

Alhamdulillah kegiatan PKKS yang dilaksanakan pada hari Rabu, 3 Januari 2024 oleh Tim Asesor PKKS yaitu Ibu Dr. Iceu Rufiana, MM. M. Si dan Bapak Dr. Saksono Liliek, S.M,Pd, bertempat di ruang kelasberjalan dengan lancar. Kegiatan diawali oleh penyambutan kepala sekolah yang dilanjutkan oleh pengawas sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan inti, pengawas menilai satu per satu aspek yang menjadi poin penting dalam penilaian.

Dalam penilaian kali ini terdapat beberapa komponen yang dinilai oleh pengawas sekolah diantaranya Kepribadian dan Sosial, Kepemimpinan Pembelajaran, Pengembangan Sekolah, Manajemen Sumber Daya, Kewirausahaan, dan Supervisi Pembelajaran.

Adapun tujuan diadakannya PKKS untuk memperoleh data tentang pelaksanaan tugas pokok, fungsi, dan tanggung jawab kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi atau pengawasan pada sekolah yang dipimpinnya. Serta menentukan program peningkatan kemampuan profesional kepala sekolah dalam konteks peningkatan mutu pendidikan, program umpan balik bagi peningkatan, dan pengembangan diri dan karyanya dalam konteks pengembangan karir dan profesinya.

Semoga dengan kegiatan ini menjadi bahan perbaikan dan evaluasi untuk persiapan PKKS berikutnya. Dalam hal ini pengarsipan yang rapi dan lengkap baik softfile maupun hardfile sangat diperlukan setiap kegiatan untuk memberikan data yang akurat dan lengkap.

Terimakasih atas do’a dan dukungan terutama kepada semua civitas SMA Islam Al-Ma’ruf yang bersama-sama mempersiapkan dan melaksanakan PKKS tahun ini sehingga dapat berjalan dengan lancar dan maksimal, semoga hasil yang diraih memuaskan dan menjadi amanah untuk meningkatkan kinerja serta memajukan SMA Islam Al-Ma’ruf menjadi sekolah unggul.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *