Bahasa adalah sarana komunikasi yang efektif pada suatu sistem bunyi yang bermakna dan dipergunakan untuk komunikasi oleh kelompok manusia. Ragam bahasa merupakan bentuk bahasa yang bervariasi terhadap hubungan antara penutur, salah satunya penggunaan bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan bahasa pemersatu bangsa, yang harus diutamakan penggunaannya.

Alhamdulillah, SMA Islam Al-Ma’ruf telah mengadakan kegiatan kolaborasi antara English Club dan PKWU (Prakarya dan Kewirausahaan) bertemakan “Implementation of English Language and Entrepreneurship Competencies” pada tanggal 8 November 2023 – 12 Januari 2024. Kegiatan ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yaitu English Ambasador, Market Day, dan Goes to Kampung Inggris. Di samping itu SMA Islam Al-Ma’ruf mendorong siswa untuk berwawasan global sehingga mendorong penggunaan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional, juga memberi ruang yang luas untuk berkembangnya kemampuan teknologi tinggi.

Adapun rangkaian English Ambassador terdiri dari :

  1. Written Test for the English Ambassador (Nov 8th 2023)
  2. Announcement of Top 8 English Ambassador candidates (Nov 9th 2023)
  3. Video Storytelling Session (Nov 9th-15th 2023)
  4. Assessment for Stage 2 English Ambassador selection (Nov 16th 2023)
  5. Announcement of Top 4 English Ambassador Candidates (Nov 17th 2023)
  6. Public Interview & Final Selection of English Ambassadors (Nov 20th 2023)

Alhamdulillah telah terpilih English Ambassadors yaitu Fabian Alifea Priyandra kelas X-3 dan Tsabit Alfalah kelas XII IPA 1. Sebagai rasa syukur dengan terpilihnya English Ambassadors maka keduanya mendapatkan tiket gratis ke Kampung Inggris, Kediri.

Kreativitas merupakan kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara –cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang. Seseorang yang kreatif selalu dianjurkan untuk memiliki pola pikir diluar kebiasaan orang pada umumnya dan menghasilkan kreativitas baru. Kegiatan “Market Day” dibentuk agar peserta didik dapat menyalurkan aspirasi kreatifnya terutama dalam merancang dan membuat produk. Selain manfaat diatas, peserta didik juga dapat belajar cara mengelola penjualan dan menghitung pemasukan pengeluaran barang. Market Day tahun ini bertemakan “2 Days Taste of The World”. Adapun rangkaiannya yaitu :

  1. Business Plan Presentation  (Nov 15th-16th 2023)
  2. Internasional Market Day Class XII (Nov 21th 2023)
  3. Tradisional Market Day Class XI  (Nov 23th 2023)

Selain itu ada kegiatan Goes to Kampung Inggris yang diselenggarakan pada 5-12 Januari 2024. Kegiatan ini dibuka untuk seluruh siswa-siswi SMA Islam Al-Ma’ruf. Salah satu tujuan kami kesana karna Kampung Inggris memberikan lingkungan belajar yang mendukung pembelajaran bahasa Inggris. InsyaAllah akan merasakan atmosfir belajar bahasa Inggris, karena memang Kampung Inggris ini adalah tempat belajar bahasa Inggris yang terbesar di Indonesia. Serta memberikan semangat tersendiri dalam belajar bahasa Inggris, karena kita bisa bertemu dengan banyak teman dari seluruh Indonesia dengan tujuan yang sama, yaitu belajar bahasa Inggris.

Semoga rangkaian kegiatan ini sebagai upaya untuk selalu mengupgrade diri agar bisa mengikuti perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dunia saat ini yang semakin global.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *