Haji adalah salah satu dari lima rukun Islam, oleh karena itu wajib bagi seluruh umat Islam untuk menunaikannya setidaknya sekali seumur hidup, asalkan mereka mampu secara finansial dan fisik. Ini adalah ziarah yang dilakukan oleh umat Islam ke kota suci Makkah, di bulan Dzulhijjah (bulan terakhir kalender Islam). Berakhirnya ibadah haji ditandai dengan hari raya Idul Adha, ketika umat Islam di seluruh dunia menyembelih hewan (dengan ketentuan yang telah ditentukan) sesuai dengan kemampuan finansial mereka.

Surat Al-Baqarah ayat 189 

۞ يَسْـَٔلُوْنَكَ عَنِ الْاَهِلَّةِ ۗ قُلْ هِيَ مَوَاقِيْتُ لِلنَّاسِ وَالْحَجِّ ۗ وَلَيْسَ الْبِرُّ بِاَنْ تَأْتُوا الْبُيُوْتَ مِنْ ظُهُوْرِهَا وَلٰكِنَّ الْبِرَّ مَنِ اتَّقٰىۚ وَأْتُوا الْبُيُوْتَ مِنْ اَبْوَابِهَا ۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ 
Artinya, “Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang bulan sabit. Katakanlah, “Itu adalah (penunjuk) waktu bagi manusia dan (ibadah) haji.” Dan bukanlah suatu kebajikan memasuki rumah dari atasnya, tetapi kebajikan adalah (kebajikan) orang yang bertakwa. Masukilah rumah-rumah dari pintu-pintunya, dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.”

Dalam merayakan bulan yang penuh berkah ini, TK Islam Al-Ma’ruf memutuskan untuk melakukan simulasi haji bersama siswa dan siswi di lingkungan sekolah. Kegiatan peragaan manasik haji ini juga dilaksanakan untuk menumbuh kembangkan potensi dan pengetahuan siswa tentang urutan dan tata cara ibadah Haji tersebut. Kegiatan manasik haji ini memerlukan dukungan dan support dari semua pihak, terutama guru dan orang tua wali murid sebagai pelaksana dalam menfasilitasi dan membimbing stimulasi peserta didik agar kegiatan Manasik Haji ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar sesuai dengan tujuannya. Di TK Islam Al Ma’ruf, kegiatan Peragaan Manasik Haji dilaksanakan setiap 1 tahun sekali pembelajaran sebagai penunjang pembelajaran tentang Rukun Islam yang ke 5.

Alhamdulillah kegiatan ini berhasil dilaksanakan dengan lancar pada tanggal 23 September 2023 hari sabtu pukul 7.40 sampai 12.00 WIB. Berikut keasikan kami melaksanakan kegiatan tersebut, Terimakasih kepada seluruh panitia, guru dan orang tua murid yang kerap turun tangan dalam mencapai kelancarannya acara ini.

Categories: News TK

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *