Aksi nyata P5 merupakan program dalam kurikulum merdeka yang memungkinkan guru dan siswa saling berkolaborasi menentukan pembelajaran apa yang kontekstual dan bermakna. Untuk itu guru memulai langkah awal dalam menentukan proyek aksi nyata P5 ini dengan menentukan permasalah yang sedang dialami dan terjadi pada lingkungan satuan pendidikan.

Berdasarkan pemetaan masalah yang dilakukan oleh Bapak/Ibu guru, ditemukanlah beberapa masalah dalam lingkungan belajar di SDI Al-Ma’ruf, seperti menurunnya sikap kerjasama antar siswa, penggunaan bahasa yang belum terstruktur, hingga siswa yang enggan bergerak secara fisik di mana semua ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari literasi bahasa dan teknologi yang belum optimal hingga masalah di lingkungan rumah maupun sekolah. Agar aksi nyata ini memberikan dampak yang optimal pada siswa, maka Bapak/Ibu guru menggunakan beberapa media yang menyenangkan bagi siswa dan siswi serta disesuaikan dengan kemampuan siswa.

Untuk kelas 1 permainan tradisional dipilih sebagai media, sedangkan untuk kelas 2 lagu-lagu daerah dipilih sebagai medianya, untuk kelas 3 dan 4 membuat batik jumputan menjadi pilihan yang menarik, sementara untuk kelas 5 dan 6 pengenalan dan pementasan cerita dari daerah di nusantara menjadi pilihan. yang pasti pemilihan media aksi nyata ini diharapakan mampu menjadin pemantik bagi siswa tentang betapa pentingnya bekerjasama dengan orang lain, memiliki kesehatan mental dan fisik serta memiliki literasi yang baik.

Semua kegiatan aksi nyata ini dimulai dari proses pengenalan dan brain storming kepada siswa, uji coba hingga pada tahap akhir yakni pelaksanaan aksi nyata yang disambut dengan suka cita oleh guru, siswa dan orangtua siswa. tentu kegiatan ini bukanlah menilai hasil akhir atau produk sebagai tolok ukur keberhasilan, namun justru tolok ukurnya adalah setelah kegiatan ini selesai, adakah perubahan sikap yang dibahas di awal sebagai permasalahan dapat berkurang, syukur bisa berubah menjadi baik secara keseluruhan.

Tak ada gading yang tak retak, tentu kegiatan ini memiliki banyak kekurangan disamping banyak pula kelebihannya, yang mana semua itu akan kami jadikan evaluasi dan pijakan untuk menyajikan kegiatan yang lebih baik di kemudian hari. akhir kata semoga Allah senantiasa membimbing kita semua dan meridhoi usaha kita dalam mendidik anak-anak kita. Amin ya robbal alamin.

Sampai jumpa di keseruan kegiatan lainnya ya….

Categories: News SD

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *